Kamera CCTV

Minggu, 04 Mei 2014

Sejarah tentang Search Engine (Mesin Pencari)

Apa itu Search Engine ?

Search engine atau mesin pencari merupakan sebuah website yang mampu mengindex berbagai URL atau alamat web yang berada di dunia maya sehingga mempunyai database besar tentang berbagai URL lengkap dengan deskripsinya. Search engine bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam menemukan apa yang dicari dalam dunia maya sesuai apa yang diinginkan. Bisa di dibayangkan, dalam hitungan detik dapat ditemukan ratusan ribu informasi yang di inginkan. Berbagai, format file dapat dibaca oleh search engine, baik berupa teks, gambar, suara, video, presentasi, animasi maupun file asli. Jutaan orang memanfaatkan mesin pencari secara bersamaan dalam waktu 24 jam non-stop setiap harinya. Hal inilah yang menyebabkan search engine sebagai fasilitas vital di internet.

Sejarah tentang Search Engine

Search engine yang pertama kali muncul adalah “Wandex” dari World Wide Web Wanderer, suatu Web Crawler yang dibangun oleh Matthew Gray di MHT pada tahun 1993 namun sekarang Wandex tidak berfungsi lagi. Pada tahun yang sama muncul mesin pencari web bernama Aliweb, dan sampai saat ini masih berfungsi dengan baik. Pada, tahun 1994, Carnegie Mellon University telah memperkenalkan sebuah mesin pencari pertama yang bernama Lycos, dimana mesin pencari ini sekarang berkembang menjadi usaha komersial yang cukup besar. Segera sesudah itu, beberapa mesin pencari banyak bermunculan dan bersaing untuk memperebutkan popularitas. Termasuk di antaranya adalah WebCrawler, HotBot, Excite. Infoseek, Inktomi, dan Alta Vista. Mereka bersaing dengan direktori-direktori popular seperti misalnya Yahoo. 

Perkembangan selanjutnya, direktori-direktori tersebut menggabungkan atau menambahkan teknologi mesin pencari agar fungsinya semakin meningkat. Pada tahun 2002, Yahoo mengakuisisi Inktomi dan selang waktu satu tahun mengakuisisi Overture yang memiliki AlltheWeb dan Alta Vista. Tahun 2004, Yahoo meluncurkan mesin pencarinya sendiri yang di dasarkan pada teknologi gabungan mesin pencari yang telah diakuisisi tersebut dan memberikan pelayanan dengan mengutamakan mesin pencari Web dibandingkan direktorinya.

Pada desember 2003, Orase meluncurkan versi pertama dari teknologi pencari secara real-time. Mesin ini memiliki banyak fungsi baru dan kemampuannya meningkat sangat canggih. Pada akhir tahun 1990-an. Mesin pencari dikenal sebagai bintang-bintang paling cemerlang dalam kompetisi berinvestasi di internet. Sebagaian lagi, sama sekali menyingkirkan mesin pencari publiknya, dan hanya memasarkan edisi-edisi Enterprise saja, seperti misalnya Northern Light yang dulunya adalah salah satu dari 8 atau 9 mesin pencari awal setelah Lycos muncul.

Sebelum munculnya Web, ada pula mesin-mesin pencari untuk protocol atau penggunaan lain, seperti misalnya Archie search engine untuk situs-situs FTP anonim dan Veronica search engine untuk Gopher protocol. Mesin-mesin pencari lainnya adalah a9.com, AlltheWeb, Ask Jeeves, Clusty, Gigablast, Teoma, Wisenut, GoHook, Kartoo, dan Vivisimo.

Bacaa Juga :

4 komentar:

  1. oh ternyata wandex search engine pertama ya...
    terimakasih infonya sangat bermanfaat... :)

    BalasHapus
  2. makasi info nya gan
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. baru tahuternyata wandex mesin pencari pertama. yang saya tahu cuma gugel doang :D

    BalasHapus
  4. Info yang berguna gan, mksi

    BalasHapus

Catatan : jika ingin mengcopy paste artikel ini diwajibkan untuk mencantumkan sumbernya

1. Berkomentar lah dengan baik
2. Jangan ada SARA
3. Dilarang menaruh link aktif
4. Terima kasih