Kamera CCTV

Minggu, 11 Mei 2014

5 Senjata Pemusnah Massal Paling Mengerikan di Dunia

Senjata pemusnah massal yaitu senjata yang dirancang atau yang digunakan untuk membunuh manusia dalam skala besar, biasanya menargetkan masyarakat awam dan personel militer. Beberapa tipe WMD dianggap memiliki akibat psikologis daripada kegunaan secara militer. Beberapa negara maju memproduksi senjata ini untuk keperluan perang atau pun untuk dijual lagi ke negara-negara lain. Berikut ini ada beberapa senjata massal paling mematikan di dunia :

1. Nuklir



Dalam sejarah perang, hanya dua senjata nuklir telah diledakkan ofensif, baik menjelang akhir Perang Dunia II. Yang pertama diledakkan pada pagi hari tanggal 6 Agustus 1945 ketika Amerika Serikat menjatuhkan uranium senjata-jenis perangkat yang diberi kode nama “Little Boy” di kota Hiroshima di Jepang. Yang kedua diledakkan tiga hari kemudian ketika Amerika Serikat menjatuhkan ledakan jenis plutonium dengan perangkat kode bernama “Fat Man” di kota Nagasaki, Jepang. Kedua pemboman mengakibatkan kematian sekitar 200.000 orang luka, kebanyakan warga sipil di Jepang masih merasakan akut yang berkelanjutan hingga kini. Senjata monster yang satu ini masih menjadi subjek perdebatan populer di kalangan ilmiah dunia. Negara pemilik senjata nuklir yang dikonfirmasi adalah Amerika Serikat, Rusia, Britania Raya (Inggris), Perancis, Republik Rakyat Cina, India, Korea Utara dan Pakistan. Selain itu, negara Israel dipercayai mempunyai senjata nuklir, walaupun tidak diuji dan Israel enggan mengkonfirmasi apakah memiliki senjata nuklir ataupun tidak. Lihat daftar negara pemilik senjata nuklir lebih lanjut.

2. Supergun



Setelah perang itu segala sesuatunya menjadi dipikirkan baik-baik dan bijaksana. Banyak pihak tidak lagi memikirkan ukuran senjata-senjata mereka tapi sesuatu yg lebih efektif dan berdaya besar untuk memperkuat artileri. Pada akhirnya muncullah era misil-misil yg banyak dibuat pada masa itu. Amerika sendiri dengan desainer jeniusnya Gerald Bull membangun Harp System, jauh lebih dari sekedar supergun karena didesain untuk mencapai ujung lapisan stratosfer. Seperti halnya di Krupps, Bull sangat menyukai senjatanya. Setelah Harp melemah, Bull mencoba mencari pihak lain untuk menghidupkan kembali idenya soal supergun sejati, suatu materpiece, sesuatu yg dunia akan mengakuinya sebagai yang terbesar. Proyek terhebatnya adalah Babylon Project, meski agak samar-samar, Bull jelas akan melakukan apa yg Harp tidak bisa lakukan, Bull akan membuat sesuatu yang bisa ditembakkan ke luar angkasa. Setelah mengajukan proposal babylon-nya kesana kemari, akhirnya dia memilih Timur Tengah, dimana seorang presiden di sana telah menulis cek untuknya untuk membuat senjata terbesar di dunia.

3. Senjata kimia VX



VX adalah racun berbahaya dalam bentuk cair dan uap, dapat menyerang sistem syaraf pusat. Bahan kimia ini dianggap 100 kali lebih beracun melalui sentuhan terhadap kulit daripada syaraf, dan dua kali lebih berbahaya melalui pernafasan. VX dapat menyebabkan kematian beberapa menit setelah terkena. Bahan kimia itu mematikan dengan menyerang otot yang dikendalikan dalam keadaan aktif sehingga otot lelah dan tidak dapat bernafas lagi.

4. Bomb Cluster



Bom cluster atau bom tandan atau bom curah adalah bom yang memiliki mekanisme unik dimana setelah diluncurkan dari pesawat tempur atau bomber, bom akan pecah menjadi ratusan bom kecil berupa kaleng. pada awalnya bom ini diciptakan untuk menghancurkan landasan pacu pangkalan udara, konvoi kendaraan lapis baja atau untuk membubarkan konsentrasi pasukan darat. Diproduksi dengan berbagai nama seperti CBU/Cluster Bomb Units (Amerika Serikat), Belouga (Perancis), Excalibur (Amerika Serikat). secara efektif bom ini digunakan dalam perang Iraq, Afganistan dan perang arab-israel. 

5. Napalm Bom


Banyak negara protes saat Indonesia menggunakan bom napalm dalam operasi Seroja di Timor-Timur tahun 70-an, tapi dalam sekala yang lebih besar AS menggunakan bom ini dalam konflik di Vietnam serta Israel dalam perang Yom Kippur, namun tidak banyak negara yang protes. Secara teknis napalm adalah bom bakar yang berisi zat kimia berbentuk pasta tertentu yang akan terbakar begitu bom pecah di darat. pasta yang cair akan menyebarkan nyala api ke berbagai arah dan bom ini sangat efektif untuk menghancurkan pasukan darat yang bersembunyi di parit-parit atau hutan.

Baca juga :

5 komentar:

Catatan : jika ingin mengcopy paste artikel ini diwajibkan untuk mencantumkan sumbernya

1. Berkomentar lah dengan baik
2. Jangan ada SARA
3. Dilarang menaruh link aktif
4. Terima kasih