Kamera CCTV

Senin, 12 Mei 2014

10 Cara Membangkitkan Motivasi Diri Kita

Apa itu motivasi ? Bagaimana cara agar kita bisa termotivasi ? Mungkin begitulah kita berpikir saat kita merasa dalam keadaan down, Motivasi yaitu suatu dorongan yang datang dari dalam maupun dari luar diri kita, untuk menjadi manusia yang lebih baik dan dapat mencapai tujuan yang di impikan. Artinya kita ada kemauan yang kuat dalam mencapai sesuatu yang kita inginkan walaupun ribuan kali percobaan. Motivasi tersebut sangat perlu bagi kita agar kita mampu bangkit dari keterpurukan. Bagaimana cara agar kita termotivasi, simak beberapa rincian dibawah ini :

1. Carilah inspirasi

Memang inspirasi terbaik adalah dari dalam diri. Namun, kita juga memerlukan dari luar. Bukan sebagai sumber utama, namun sebagai penambah yang bisa memanasi mental dan motivasi kita, dan merasa jika orang itu bisa Anda juga bisa.

2. Jangan malu bertanya

Motivasi itu sebenarnya bisa berasal darimana saja. Bahkan, teman kita sendiri dapat memberi kita motivasi, untuk itu jangan pernah malu bertanya pada orang lain, agar orang tersebut dapat memberi masukan yang terbaik untuk kita.

3. Jadikan kegiatan itu menyenangkan

Berikan makna dalam kegiatan anda. Salah satu hal yang membuat kita menunda dan tidak memiliki motivasi untuk menjalankannya adalah kita merasa kegiatan itu sulit dan membosankan. Berikan makna dan kesenangan di dalamnya.

4. Bergaulah dengan orang-orang yang baik

Ada pepatah berteman dengan penjual minyak wangi maka akan terbawa harum juga. Begitulah gambaran jika bergaul dengan orang-orang positif. Maka hal-hal posistif akan selalu bersama kita.

5. Rajinlah membaca buku yang memotivasi

Ini salah satu yang bisa anda lakukan untuk membuat kita termotivasi. Membaca buku yang memotivasi sangat baik bagi anda karena memberikan wawasan yang luas dan pengetahuan yang tiada batas.

6. Motivasi diri anda dengan kata-kata anda sendiri

Bahasa lainnya adalah afirmasi. Afirmasi adalah kata-kata positif yang kita ucapkan dengan sadar dan penuh semangat sehingga memberi dampak positif terhadap alam bawah sadar. Misalnya: “Saya harus sukses, kalau saya belum sukses maka saya harus telus belajar”. Bisa juga “Hari ini saya akan membuat orang lain tersenyum karena saya” atau “ saya akan bekerja keras dan terus belajar untuk mencapai cita-cita”

7. Satu langkah kecil

Perubahan apapun bisa dimulai dari satu langkah kecil. Seringkali, kita membuat diri kita sendiri berimajinasi dengan memikirkan hal yang enak, namun sebenarnya kita butuh sesuatu yang lebih besar. Ambillah satu langkah kecil dan ulangi dengan mengembangkannya sedikit demi sedikit. Manfaatnya akan berkembang dan juga motivasi anda.

8. Fokus pada tujuan anda

Jika anda ingin menjadi pebisnis internet maka belajarlah dengan orang yang mengerti bisnis internet dan lakukan action. Bertanyalah padanya dan belajarlah padanya juga.

9. Rencanakan sesuatu yang ingin dicapai

Mulai buat rancangan program keberhasilan yang ingin anda capai. Mulailah dari yang sederhana jangan terlalu berlebihan dalam arti jangan terlalu mulai dari hal yang terlalu dalam lingkup yang besar.

10. Terus berusaha dan berdoa

Setelah langkah-langkah diatas anda bisa barengi dengan berdoa. Meskipun doa tersebut belum dikabulkan, tetapi anda harus yakin Tuhan tidak akan semua doa anda (doa yang baik tentunya).

Mungkin itulah beberapa cara agar kita bisa termotivasi. Sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa membuat kita termotivasi. Sebenarnya motivasi yang paling penting itu adalah kemauan dari diri kita apakah kita mau melakukannya atau tidak.

SEMOGA BERMANFAAT

Baca juga :

3 komentar:

  1. dikelas terkadang pada malu bertanya jika dikasih kesempatan...

    BalasHapus
  2. bagus nih buat saya termasuk juga hehe agar tidak patah semangat :D

    BalasHapus
  3. motivasi dari dalam diri sendiri....hati nurani

    BalasHapus

Catatan : jika ingin mengcopy paste artikel ini diwajibkan untuk mencantumkan sumbernya

1. Berkomentar lah dengan baik
2. Jangan ada SARA
3. Dilarang menaruh link aktif
4. Terima kasih