Kamera CCTV

Minggu, 25 Mei 2014

Manfaat dari Membaca Buku itu Sangat Banyak, Apa Saja ?

Anak kecil aja baca buku. Anda gimana ?
Apakah anda senang membaca buku ? buku apa yang sering anda baca ? mungkin seperti itu beberapa pertanyaan yang sering anda dengar dari media-media seperti televisi ataupun internet. Membaca, membaca buku itu kalo menurut saya sesuatu yang bisa dibilang menyenangkan kadang juga membosankan hehe. Kenapa menyenangkan ? karena kita bisa menambah wawasan pengetahuan kita dan juga membaca buku itu selalu membuat anda haus akan pengetahuan. Nah, selanjutnya kenapa membaca itu kadang membosankan ? membaca itu membosankan kalo kita membaca buku yang itu" saja dan membaca bukunya yang terlalu tebal hingga beratus-ratus halaman terus mana gak ada gambarnya isinya cuma tulisan doank haha. Nah, itu mungkin sesuatu yang menarik dari membaca buku. Disini juga saya akan memberikan alasan kenapa membaca buku itu sangat penting dan juga sangat berguna untuk kita :

  • Yang pertama pasti sudah tau yaitu untuk menambah wawasan kita. Banyak hal-hal baru yang anda temukan dari suatu bacaan. Hal yang belum anda ketahui hingga hal-hal yang tidak akan anda bayangkan.
  • Kebiasaan membaca bisa membuat otak kita lebih terasah dalam arti bisa lebih lama dalam mengingat sesuatu nggak mudah pikun di hari tua. Ternyata, mereka yang hobi membaca memiliki ingatan yang tajam dibandingkan mereka yang jarang melakukannya. Maklum, membaca dapat melatih daya ingat kita.
  • Membaca penting karena dapat memberikan pencerahan baru pada pemikiran anda. Saya yakin, tak jarang anda digelayuti suatu persoalan yang anda pikir tak ada pemecahannya. Atau barangkali tak banyak pilihan pemecahan yang dapat anda tempuh. Bisa juga anda menjalani sesuatu dengan suatu rutinitas yang membosankan. Saya anjurkan pada anda: membacalah! Maka tanpa anda duga anda akan menemukan pencerahan baru bagaimana memecahkan masalah tersebut atau mengubah sesuatu yang cenderung rutin dan membosankan itu. Tingkatkan kualitas kehidupan pribadi Anda dengan membaca.
  • Dengan membaca juga anda bisa menghilangkan stres lohh. Kenapa bisa begitu ? karena otak kita akan melupakan tentang dunia nyata dan kita bisa melupakan kecemasan di dunia nyata dengan menelusuri kisah imajinasi penulis.
  • Membaca penting karena dapat mencerdaskan intelektual, spiritual, emosional, dan kepercayaan diri yang berpadu dengan kerendahan hati. Membaca akan membuka peluang anda untuk menyerap sebanyak mungkin ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan. Membaca akan menumbuhkan kemampuan anda untuk berpikir kreatif, kritis, analitis dan imajinatif. Melalui membaca anda akan membentuk kemampuan berpikir lewat proses: menangkap gagasan/informasi, memahami, mengimajinasikan, menerapkan dan mengekspresikan.
  • Dengan banyak membaca bisa membuat kita tidur lebih nyenyak. Banyak ahli tidur merekomendasikan kita untuk melakukan kegiatan yang menenangkan pikiran sekaligus membuat tubuh rileks menjelang tidur, salah satunya dengan membaca. Ini lebih dianjurkan daripada bermain laptop atau otak-atik ponsel. Alasannya, cahaya terang dari alat elektronik justru membuat otak kita terjaga.
  • Yang terakhir membaca itu membuat kita suskse loh! Ngga percaya ? Coba aja buktiin sendiri dengan menjadikan membaca sebagai hobi.
Nah, mungkin itu beberapa manfaat dari membaca yang bisa saya bahas dalam artikel ini. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang terdapat dari membaca. Jika anda ingin menambahkan, bisa menambahkan lewat kotak komentar yang telah tersedia.

Baca juga : 

3 komentar:

  1. dengan membaca kita bisa mengetahui informasi yang banyak, apapun yang ada harus dibaca terserah judulnya apa harus tetep baca kalau mau pinter :D

    BalasHapus
  2. tidak usah menghafal...membaca dengan memahami lebih berarti

    BalasHapus
  3. dengan membaca kita bisa tahuu....

    BalasHapus

Catatan : jika ingin mengcopy paste artikel ini diwajibkan untuk mencantumkan sumbernya

1. Berkomentar lah dengan baik
2. Jangan ada SARA
3. Dilarang menaruh link aktif
4. Terima kasih