Kamera CCTV

Minggu, 13 April 2014

Dampak Negatif dari Tidur Yang Berlebihan

Tidur merupakan kebutuhan yang wajib bagi tubuh kita karena membantu membuat rileks dan mengistirahatkan tubuh kita yang kelelahan. Waktu tidur yang efektif adalah 8 jam setiap hari, untuk bayi dan anak-anak di bawah 10 tahun membutuhkan tidur paling tidak selama 10 jam. Walaupun tidur adalah hal yang positif bagi kita akan tetapi, tidur juga akan berdampak negatif apabila kita terlalu lama tidurnya. Adapun hal negatif yang akan tubuh kita rasakan apabila tidur terlalu berlebihan :

1. Sakit Punggung

Meskipun Anda tidur di atas kasur yang mahal dan super nyaman, tapi tetap saja jika terlalu lama tidur, akan menyebabkan nyeri dan sakit di punggung. Hal ini dikarenakan tubuh yang tidak bergerak.

2. Penyakit jantung

Jika Anda secara teratur tidur selama lebih dari 8 jam setiap malamnya, maka Anda juga berada pada peningkatan risiko untuk penyakit jantung. Sebab menurut beberapa penelitian, terdapat kaitan antara orang-orang yang tidur 9-12 jam setiap malam dan peningkatan kemungkinan untuk terkena penyakit jantung.

3. Kegemukan

Dengan tidur berlebih, Anda menjadi kurang aktif. Hal ini membuat tubuh kurang membakar energi tubuh dan meninggalkan lemak tubuh. Dengan kata lain, orang yang tidur berlebih terancam akan kegemukan atau obesitas.

4. Diabetes

Beberapa studi yang telah dilakukan oleh ilmuwan Amerika menunjukkan hubungan tidur berlebihan dengan diabetes. Orang yang tidur lebih dari 9 jam atau kurang dari 5 jam per malam memiliki resiko 50% lebih besar untuk terkena diabetes. Anda mungkin berpikir bahwa kelebihan atau kekurangan tidur tidak menyebabkan diabetes secara langsung, namun terlalu banyak tidur bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya yang pada akhirnya menyebabkan diabetes.

5. Sakit Kepala

Terlalu berlebihan dalam tidur juga menyebabkan kepala kita sakit, itu disebabkan karena otak kita tidak beraktifitas dan menyebabkan efek buruk pada neurotransmitter yang ada di otak dan menyebabkan kepala kita menjadi pusing saat kita bangun dari tidur yang panjang.

Itulah beberapa efek buruk apabila kita terlalu berlebihan dalam tidur. Apabila ada beberapa efek negatif di atas yang pernah anda alami mulai sekarang biasakanlah untuk tidur yang sesuai dengan tubuh kita dan menerapkan pola tidur yang teratur.

Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan : jika ingin mengcopy paste artikel ini diwajibkan untuk mencantumkan sumbernya

1. Berkomentar lah dengan baik
2. Jangan ada SARA
3. Dilarang menaruh link aktif
4. Terima kasih