Kamera CCTV

Selasa, 11 Maret 2014

Posisi Tidur yang Baik dan Bermanfaat bagi Kesehatan


Posisi tidur yang baik ternyata mengandung banyak manfaat bagi tubuh kita. Jika kita tidak tidur secara benar dampak buruk pun bisa langsung kita rasakan bagi tubuh kita. Bagaimana posisi tidur Anda ? Cara tidur yang baik dapat memperpanjang umur anda dan mengurangi risiko sakit punggung dan pegal-pegal.

1. Posisi tidur miring ke kanan 

Usahakan tidak tidur miring ke kiri karena dapat mengganggu kerja jantung. selama kita tidur jantung kita masih tetap menjalankan tugasnya. Jika kita tidur menghadap ke kiri maka jantung kita akan terbebani oleh berat badan kita dan akan menimbulkan akibat yang fatal.

2. Posisi tidur seperti bayi

Kita pasti pernah melihat bayi sewaktu dalam kandungan. Ternyata cara tidur seperti itu baik bagi kita, miring dengan tekuk agak ditekuk ke arah dalam dan punggung melengkung. Posisi tersebut akan membantu tulang punggung karena tidak terlalu menjadi tumpuan bagi seluruh beban tubuh. Posisi ini juga akan memberikan kebebasan bagi pernapasan tubuh kita.

3. Posis tidur telentang

Tidur telentang sangat baik bila Anda memiliki nyeri punggung. Menyisipkan bantal di bawah dengkul kaki bermanfaat untuk mengurangi beban punggung bagian bawah.

4. Jangan tidur telungkup

Posisi tidur ini merupakan posisi tidur yang tidak baik sama seperti posisi tidur miring ke kiri. Penyebabnya karena dapat membebani kerja jantung. Anda pasti akan mudah sesak dan akan terbangun tengah malam saat anda tidur dalam posisi telungkup. Namun, bila karena sesuatu hal Anda harus tidur telungkup, gunakan bantal di bawah perut dan pinggang. Hindari penggunaan bantal di kepala atau kecilkan ukurannya karena akan menekan leher Anda.

Sebenarnya, posisi tidur setiap orang berbeda. Pasti ada sebagaian orang yang merasa tidak nyaman saat melakukan hal yang telah disebutkan di atas. Yang terpenting, Posisi tidur yang sempurna adalah saat kita tidur dengan nyaman dan pulas lalu bangun pagi dengan tubuh yang segar.

2 komentar:

Catatan : jika ingin mengcopy paste artikel ini diwajibkan untuk mencantumkan sumbernya

1. Berkomentar lah dengan baik
2. Jangan ada SARA
3. Dilarang menaruh link aktif
4. Terima kasih