Kamera CCTV

Kamis, 20 Februari 2014

Hasil Penemuan Unik Yang Meraih IG Nobel 2013

Penemuan macam ini tidak akan ditemui dalam penganugerahan Nobel sesungguhnya. Namun, hasil temuannya ternyata cukup bermanfaat.


tikus,hewan pengerat(Thinkstockphoto)
Untuk ke 23 kalinya, penghargaan Ig Nobel diberikan dalam acara yang diselenggarakan di Theater Sanders Harvard, Amerika Serikat, Kamis (12/9) pekan lalu. Ig Nobel adalah penghargaan sains tahunan bagi penelitian yang unik dan sekilas terkesan konyol, juga sebagai sebuah parodi dari penghargaan nobel yang sebenarnya. Berikut penemuan yang berhasil memenangkan Ig nobel 2013:

Medicine Prize jatuh pada sekelompok peneliti Jepang yang menemukan bahwa tikus yang menjalani transplantasi jantung mampu bertahan lebih lama saat mendengarkan musik opera La Traviata karya komposer Giuseppe Verdi. Hasil penemuan ini tertuang dalam Journal of Cardiothoracic.

Psychology Prize disematkan pada peneliti Eropa yang melakukan penelitian pada orang mabuk. Makin mabuk seseorang, makin ia merasa dirinya lebih menarik. Penemuan ini bahkan sudah dituangkan dalam British Journal of Psychology.

Joint Prize di bidang Biologi and Astronomi diberikan pada peneliti yang menyimpulkan bahwa kumbang kotoran mampu bernavigasi dengan Bima Sakti. Kumbang asal Afrika ini memang dikenal karena kemampuannya melakukan navigasi dengan mengikuti pola polarisasi sinar bulan. 

Physics Prize diberikan pada peneliti Eropa yang meneliti kemungkinan manusia berjalan di atas permukaan air dalam kondisi gravitasi rendah. Ternyata, jawabnya adalah ya, mungkin saja manusia berjalan di atas air. Paparan lengkapnya dituang dalam laporan di PLOS One.

(Zika Zakiya/Umi Rasmi. Sumber: Phys.org)

1 komentar:

Catatan : jika ingin mengcopy paste artikel ini diwajibkan untuk mencantumkan sumbernya

1. Berkomentar lah dengan baik
2. Jangan ada SARA
3. Dilarang menaruh link aktif
4. Terima kasih