Kamera CCTV

Rabu, 29 Januari 2014

Tata Cara Yang Benar Dalam Membersihkan Komputer



Faktor ini kadang sering di abaikan oleh kebanyakan para pengguna komputer, yatu membersihkan komputer dari debu-debu, baik yang berada di dalam casing ataupun di dalam komputer. Hendaknya anda merutinkan aktivitas pembersihan ini, minimal sekali dalam 3-4 bulan. Apalagi jika anda bekerja pada lingkungan kerja yang banyak debu sehingga komputer anda akan lebih cepat kotor dan berdebu.

Debu yang terlalu banyak akan menyebabkan kerja sistem pendingin dalam komputer menjadi terganggu, sehingga sirkulasi udara tidak berjalan dengan lancar. Debu dapat menjadi isolasi yang dapat memanaskan chip dan sirkuit di dalamnya. Tersumbatnya saluran ventilasi udara tersebut akan meningkatkan temperatur dalam komputer, akibatnya panas akan muncul.

Panas merupakan musuh komputer. Panas yang berlangsung terlalu lama akan memperpendek usia komputer. Tanda-tanda awal panas yang berlebihan adalah munculnya layar biru (blue screen) pada monitor dan kerja hardisk menjadi lamban diikuti dengan komputer yang tiba-tiba mati saat digunakan.

Bersihkan debu yang telah menebal pada komputer anda. Gunakan tabung udara terkompresi atau penyedot debu jika ada. Dan jangan menggunakan air atau sabun untuk membersihkannya. Hal lain yang anda harus perhatikan adalah kipas pendingin prosesor dalam casing komputer. Pastikan kipas pendingin ini berjalan dengan normal dan optimal, bersihkan debu-debu yang menempel di dalam kipas yang dapat mengganggu putarannya.

Nah, di bawah ini saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk membersihkan PC, yaitu :
  • Lepas semua kabel power, seperti kabel daya yang terhubung ke casing PC dan monitor.
  • Kemudian letakkan casing komputer anda di lantai yang telah di lapisi kain.
  • Buka penutup casing, kemudian gunakan kompresor angin atau bisa dengan penyedot debu untuk membuang debu yang menempel dalam casing komputer.
  • Hendaknya anda tidak meyemprot angin dengan keras/terlalu kencang, pastikan tidak ada kabel/sambung yang lepas.
  • Untuk monitor, gunakan kain lembut bersih untu membersihkannya.
  • Untuk keyboard, gunakan penyedot debu untuk membersihkan debu yang masuk ke dalamnya.
  • Jika anda menggunakan mouse yang no optic, lepas sekrup yang ada di bawah mouse kemudian keluarkan bola dan buka bagian atas mouse, bersihkan dengan kain bersih yang lembut.


Hal lain yang hendaknya anda perhatikan adalah letak kabel karena kabel yang letaknya berantakan akan mengganggu sikulasi udara dalam casing computer. Hendaknya anda mengikat kabel agar terlihat rapi dengan menggunakan kawat pengikat atau kabel plastik strap. Jika anda hobi melakukan modifikasi casing, tempatkan fan pada atas casing sehingga apat mengeluarkan udara panas yang ada dalam komputer. 

6 komentar:

  1. Saya kurang peduli dengan kebersihan dalam CPU, sehingga jika CPU dinyalakan fan berputar kencang dan berisik. Semoga trik dari agan ini berguna untuk saya. Terima Kasih

    BalasHapus
  2. Bisa maen dong kerumah gan....skalian bersihin cpu warnet gw heehehhee....piss

    BalasHapus
  3. Makasi tutorialnya gan
    lumayan bermanfaat nih

    BalasHapus

Catatan : jika ingin mengcopy paste artikel ini diwajibkan untuk mencantumkan sumbernya

1. Berkomentar lah dengan baik
2. Jangan ada SARA
3. Dilarang menaruh link aktif
4. Terima kasih