Kamera CCTV

Jumat, 18 April 2014

Peyebab dan Dampak dari Hardisk Yang Terkena Bad Sector

Bad sector sendiri yaitu suatu masalah yang terjadi pada hardisk, masalah masalah yang membuat hardisk menjadi lambat dalam memproses suatu data dan bisa juga membuat hardisk sendiri tidak terbaca atau menjadi (0 byte) kalo di lihat dalam propertiesnya. Bad sector tidak hanya terjadi pada hard disk tradisional dengan piringan magnetik yang bisa berbunyi tik-tik-tik-tik itu, tetapi juga bisa mengenai drive bertipe SSD (Solid State Drive).

Penyebab physical bad sector

Mungkin saja hard drive anda sudah cacat dari ketika diproduksi dari pabriknya sana. Teknologi pembuatan hard disk terbaru-pun tidak sempurna. Itu sebabnya selalu ada margin error di setiap produk yang diproduksi, apapun jenis produknya. Itu sebabnya storage tipe SSD seringkali dikirimkan dengan beberapa block-nya mengalami kerusakan. Kerusakan ini tadi ditandai, kemudian dipetakan ulang ke beberapa cell SSD memory tambahan.

Dalam SSD, beberapa keadaan alami juga bisa merusakkan sektor-sektor di dalamnya, misal karena proses baca tulisnya sudah melebihi batas, kerusakan ini akan membuat pemetaan ulang kapasitas SSD tersebut. Begitu seterusnya, sampai tempat memory tambahan habis, itulah saat sector-sectornya tidak bisa dibaca lagi.

Kalau pada hard disk tradisional yang memakai piringan magnetik seperti CD atau DVD itu, bad sector bisa disebabkan karena kerusakan fisik. Hard disk anda bisa saja memang mempunyai cacat produksi, kerusakan karena sudah aus, atau terjatuh sehingga head-nya menyentuh piringan plat dan merusak satu atau beberapa sector, bisa juga jika klem udaranya bocor menyebabkan udara dan debu masuk ke dalam. Ada banyak kemungkinan sih.

Sebagai tambahan kenapa bad sector tersebut bisa terjadi pada hardisk anda :
  • Bad sector bisa terjadi karena mati listrik 
  • Bisa juga disebabkan karena power supply yang tidak bagus
  • Mematikan paksa PC atau Laptop anda tanpa melakukan shutdown terlebih dahulu
  • Merestart paksa PC atau Laptop anda
  • Terdapat virus pada PC atau laptop anda
  • Tidak pernah mendefrag PC atau Laptop anda, walaupun hal tersebut kemungkinannya tidak terlalu besar setidaknya seminggu sekali lakukan hal tersebut.
Dampak dari bad sector sendiri bisa langsung anda rasakan bila anda menyalakan PC atau Laptop. Di saat anda ingin memasuki menu desktop terasa sangat lambat sekali dalam proses bootingnya. Jika sudah memasuki desktop pun akan terasa berat jika kita membuka suatu apliksi, walaupun aplikasi tersebut sangat ringan. Dampak yang paling bahaya yaitu tidak terdeteknya hardisk kita dan tidak bisanya kita masuk ke dalam menu utama dan hanya ada tampila blue screen saja.

Nah itu informasi mengenai bad sector dan penyebabnya.
Semoga Bermanfaat.


Baca Juga :


7 komentar:

  1. Hardisk saya pernah waktu itu, jadi bad sector, terus abis itu udah enggak kebaca datanya.
    Padahal banyak data-data saya, kayak film, game, kerjaan.
    Dari faktor penyebab hardisk menjadi bad sector, saya bakal lebih hati2 menjaga hardisk saya.
    Terima kasih gan, infonya :)

    BalasHapus
  2. nice share sob, walaupun tau apa itu badsector, tapi penyebab bad sectornya itu yang perlu di perhatikan.. thanks sob.

    BalasHapus
  3. Mau nanya,kalo komputer macet macet saat di gunakan,itu dampak dari bad sector juga gak sih..

    BalasHapus
  4. Monitor sy bergaris tetapi tdk secara continue, itupun hanya bbrp saat, & disaat bersamaan system pun hang bersamaan dgn garis yg timbul.. apa itu karena hdd yg bad sector atau karena penyebab lain.. mohon pencerauannya sob..!

    BalasHapus

Catatan : jika ingin mengcopy paste artikel ini diwajibkan untuk mencantumkan sumbernya

1. Berkomentar lah dengan baik
2. Jangan ada SARA
3. Dilarang menaruh link aktif
4. Terima kasih