Kamera CCTV

Rabu, 05 Februari 2014

Cara Melakukan Troubleshooting Dengan Benar


Tidak hanya PC yang berkerja lambat, namun ketika pertama kali anda menyalakan komputer, PC diam saja bahkan tidak menunjukan tanda-tanda kehidupan, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan, cara melakukan  troubleshooting dengan benar, yaitu :

  • Periksa kondisi komputer, apakah semua kabel telah tersambung dengan benar.

  • Nyalakan komputer dan lihat pada layar monitor, petunjuk yang di berikan oleh komputer. Jika ada bagian yang tidak bekerja, komputer akan menampilkan pesan kesalahan yang berguna untuk masalah tersebut.

  • Pilih Mode Safe dengan menekan tombol F8 sesaat sebelum windows boot. Pilihan Safe Mode ini berguna untuk load sistem operasi lengkap tanpa driver ataupun program start-up.

  • Kemudian boot lagi, dan pilih pada Step-by-step confirmation. Pilihan ini akan me-load driver satu persatu. Langkah ini akan dapat meng-identifikasi driver atau komponen mana yang tidak bekerja.

  • Jika PC masih bermasalah, boot ulang dan masuk ke Windows Startup Menu, pilih Logged (\bootlog.txt). File log ini terdapat pada folder root dan merekam setiap langkah dari proses boot dan merekam setiap proses berhasil atau tidak. Pelajari petunjuk yang ada di dalamya dan ikuti petunjuk perbaikannya.

  • Jika masih bermasalah, Tanya pada temen atau saudara yang dapat membantu.

  • Pilihan terakhir, jka masih bermasalah, panggil teknisi untuk memperbaikinya.


Mungkin itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk melakukan troubleshooting dengan benar.
Semoga bermanfaat …





7 komentar:

Catatan : jika ingin mengcopy paste artikel ini diwajibkan untuk mencantumkan sumbernya

1. Berkomentar lah dengan baik
2. Jangan ada SARA
3. Dilarang menaruh link aktif
4. Terima kasih