Kamera CCTV

Kamis, 23 Januari 2014

Tips Mempercepat Kinerja PC


Terkadang kita selalu mengeluh kepada kinerja PC kita karena sangat lamban dalam pengoperasiannya dan berpikir penyebabnya kenapa ? menurut pengalaman saya itu bisa terjadi karena terlalu banyak aplikasi yang tidak terpakai dan juga karena memory RAM yang sangat kecil …

Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips agar PC kita lebih cepat pengoperasiannya :

  •       Kurangi aplikasi yang tidak berguna
Mungkin ini penyebab utama yang sering anda alami, semakin banyak anda menginstal aplikasi pada PC anda, semakin berat pula kinerja dari memory RAM yang akan berdampak pada PC anda yang kinerjanya akan semakin melambat. Oleh Karen itu hapus lah beberapa aplikasi yang menurut anda tidak berguna agar RAM anda lebih enteng pengoperasiaannya

  • Biasakan mendefrag hardisk anda
Biasanya kalau kita sehabis menginstall suatu aplikasi pada local disk c: kita pasti lupa mendefragnya, fungsi dari mendefrag itu sendiri agar aplikasi yang kita install  tersusun rapih dan memindahkan file pada folder yag sesuai dengan begitu PC kita akan lebih leluasa dalam menjalanan tugasnya.

  •  Lakukan disk clean up
Nah kegiatan ini di lakukan untuk menghapus beberapa file yang tersimpan pada hardisk anda, seperti : Recycle bin, Temporary internet files, Temporary files dan lainnya. Proses ini tidak akan menghapus aplikasi atau data yang ada pada suatu hardisk.

  • Menambahkan memory
Ukuran memory yang sangat kecil akan mempengaruhi dari kinerja PC. Apabila anda memiliki memory RAM yang sangat kecil sebaiknya anda tambahkan memorynya, minimal RAM yang di butuhkan PC yaitu 512 MB.

  • Disable service yang tidak penting
Dalam PC kita memang terlalu banyak service atau layanan yang sebenarnya tidak terlalu di butuhkan dalam proses loading computer, karena proses tersebut dapat “memakan” resource memory sehingga memperlambat proses kerja PC kita. Adapun beberapa service yang mungkin anda matikan, seperti :

Computer browser : disable saja bila computer anda tidak terhubung dengan network/LAN.

Help dan Support : bila anda tidak pernah memakai atau tidak pernah sama sekali di gunakan lebih baik disable saja.

Indexing Service : file ini bisa disable aja bila tidak di gunakan.


Nah, artikel di atas adalah beberapa tips yang pernah saya coa pada PC saya agar kinerjanya lebih cepat. Semoga artikel yang saya buat bisa bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan : jika ingin mengcopy paste artikel ini diwajibkan untuk mencantumkan sumbernya

1. Berkomentar lah dengan baik
2. Jangan ada SARA
3. Dilarang menaruh link aktif
4. Terima kasih